Distributor Vimax
Home » Pengetahuan » Fenomena Cuaca Aneh, Salju CO2 Turun di Mars

Fenomena Cuaca Aneh, Salju CO2 Turun di Mars

18 September 2012 Pengetahuan


Sebuah pesawat luar angkasa yang mengorbit di Mars mendeteksi fenomena tak biasa di planet merah: hujan salju senyawa karbondioksida. Ini membuat Mars satu-satunya obyek di tata surya yang memiliki fenomena cuaca aneh tersebut.

Salju di Mars turun dari awan dekat kutub selatan planet, selama musim dingin 2006 dan 2007. Para ilmuwan baru menemukannya setelah memilah hasil observasi Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Kutub selatan Mars diselimuti karbon dioksida beku, atau “es kering” sepanjang tahun. Penemuan baru tersebut bisa membantu menjelaskan bagaimana ia terbentuk dan terus berlangsung.

“Ini adalah deteksi definitif pertama keberadaan awan salju karbondioksida,” kata peneliti  Paul Hayne dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena. “Kami menemukan, awan tersebut disusun dari karbondioksida, serpihan udara Mars, dan cukup tebal untuk menghasilkan akumulasi salju di permukaan.”

Temuan tersebut menunjukkan bahwa Mars memiliki dua jenis salju berbeda. Pada tahun 2008 lalu observer Phoenix milik NASA yang mendarat di Mars, mengamati salju es beku, sesuatu yang familiar di Bumi, turun di dekat kutub utara Mars.

Hayne dan timnya mempelajari data yang dikumpulkan oleh instrumen Iklim Mars, MRO selama musim dingin di selatan Mars itu pada 2006-2007. Instrumen tersebut memungkinkan para ilmuwan mempelajari karakteristik kunci partikel dan gas di atmosfer Mars, seperti ukuran dan derajat konsentrasinya.

Namun, para astronom masih belum sepenuhnya yakin bagaimana es kering bisa bertahan dan diendapkan di kutub selatan Mars, satu-satunya tempat di mana karbon dioksida beku ada sepanjang tahun. Itu bisa jadi akibat akumulasi salju yang turun atau benda yang mungkin membeku di udara pada permukaan tanah.

Es kering membutuhkan suhu sekitar minus 193 derajat Fahrenheit (minus 125 Celcius) agar bisa turun, memperkuat dugaan betapa dinginnya permukaan Mars.

Sumber: FOXnews

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Tags » ,

Related Post to Fenomena Cuaca Aneh, Salju CO2 Turun di Mars

Trans Studio Bandung | Harga Tiket

August 18, 2011
Trans Studio Bandung. Dengan dibangunnya Trans Studio di Bandung telah menyedot perhatian banyak orang dan diprediksi menyedot ribuan penonton. Pasalnya Trans Studio yang dibangun...

Video ABG Dipukuli Geng Cewek CMP (Cewek Macho Performance) di Bali

February 10, 2012
Video ABG Dipukuli Geng Cewek CMP (Cewek Macho Performance) di Bali | Aksi Kekerasan ABG Bali di BBM. Video aksi kekerasan yang dilakukan Anak...

Lady Gaga Tanggapi Ancaman di Indonesia

May 24, 2012
Hingga hari ini, nasib konser Lady Gaga yang semestinya digelar 3 Juni mendatang belum juga menemukan titik terang. Big Daddy, promotor Gaga mengaku optimistis,...

Keiko Kitagawa | Cewek Jepang di Tokyo Drift

April 14, 2012
Akhirnya setelah sekian lama terjawab sudah, siapa gadis Jepang yang jadi pemain film di Tokyo Drift. Sudah lama saya cari siapa gadis imut ini,...

Dewiku on Facebook