Home » Aneka Burung » Penangkaran Burung Murai Batu Ekor Hitam

Penangkaran Burung Murai Batu Ekor Hitam

2 May 2013 Aneka Burung

Dewiku.Com – Murai batu ekor hitam (black tail) memang sudah lama ngetren di Jabodetabek dan sekitarnya. Bahkan sebagian penggemarnya membuka kelas khusus ini. Itu berarti pemiliknya bisa mengikuti kelas khusus, sekaligus bisa menurunkan burungnya di kelas murai biasa. Hal inilah yang membuat beberapa penangkar murai, misalnya Om Imam Iswahyudi (Yaqisa Bird Farm), bersemangat dalam mengembangbiakkan murai batu ekor hitam.

Om Imam Iswahyudi di kandang Yaqisa Bird Farm.

Om Imam Iswahyudi di kandang Yaqisa Bird Farm Bekasi.

Upaya penangkaran murai black tail ini sekaligus untuk menekan angka penangkapan burung di alam liar, khususnya di pulau-pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Nangroe Aceh Darussalam (misalnya Kepulauan Simeulue / Sibabang, Lempuyang, Lasia, Sabang), Sumatera Utara (Pulau Nias), dan Sumatera Barat (Kepulauan Mentawai dan Pagai).

Menurut Om Imam, dari kualitas suara, volume murai ekor hitam jauh lebih keras dan tembus daripada murai batu biasa. Begitu juga durasi kerjanya, jauh lebih ngedur ketimbang jenis murai pada umumnya. Selama ini memang beredar mitos-mitos keliru mengenai murai ekor hitam.

Anakan murai black tail yang baru saja dipanen.

Anakan murai black tail yang baru saja dipanen.

Saat ini, Om Imam memiliki empat pasang induk murai ekor hitam di kediamannya, Perumahan Griya Harapan Permai Blok-4 No 18, Harapan Indah Bekasi. Yaqisa Bird Farm juga menangkarkan murai batu ekor putih, khususnya yang berasal dari Lampung, tetapi sebagian besar merupakan trah juara.

Menurutnya, banyak kelebihan dan kemudahan dalam penangkaran black tail. Antara lain, burungnya lebih cepat jinak, proses penjodohan juga lebih mudah, dan tidak membutuhkan waktu lama. ”Ini keunggulan black tail,” ujarnya, ketika ditemui omkicau.com di rumahnya.

Anakan murai black tail yang siap dipasarkan.

Anakan murai black tail yang siap dipasarkan.

Sampai saat ini, Om Imam masih membatasi jumlah pasangan induk, agar lebih fokus. Induk jantan yang dijodohkan pun dipilih dengan kriteria utama sudah pernah berprestasi di lapangan. Harapannya, anakan yang dihasilkan bisa memiliki karakter fighter seperti bapaknya. Bahkan, agar lebih bervariasi, dia juga menyilangkan dengan murai batu medan atau murai ekor panjang.

Murai black tail dewasa

Murai black tail dewasa

Sedangkan induk betina dipilih yang memiliki kualitas suara dan postur ideal (tubuh proporsional). Jadi, ada kombinasi antara kualitas suara, mental di lapangan, dan penampilan fisiknya.

Sebagai seorang breeder, Om Imam memang lebih mengarahkan produknya pada mutu atau kualitas. Seleksi anakan dilakukan sejak awal, demi menjaga mutu produk. Sebab para pelanggan anakan murai produk Yaqisa BF bukan sekadar penghobi rumahan saja, tetapi juga para pemain lapangan.

Untuk meningkatkan kualitas anakan, Yaqisa BF juga makin selektif dalam memilih indukan. Beberapa induk jantan memiliki basic blood dariArco BF Serang milik Om Darlian, yang dikenal sering melahirkan murai batu jawara di Jabodetabek, kemudian dikawinkan dengan induk betina yang juga memiliki darah juara.

“Beberapa induk betinanya merupakan keturunan burung jawara favorit di Arco BF, misalnya Matador, Raja Rimba, Torres, Patriot, dan Zola. Semuanya merupakan murai jawara produk Arco,” tandas Om Imam. (d’one)
sumber dari OmKicau

Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Tags » ,

Related Post to Penangkaran Burung Murai Batu Ekor Hitam

Fenomena Gangnam Style

October 1, 2012
Apa itu Gangnam Style? Gangnam Style adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh PSY ( Park Jae Sang) seorang rapper asal Korea Selatan. Dilihat dari...

Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri yang Lupa

October 31, 2011
Sebenarnya sih ini hal ini wajar saja mengingat kemungkinan kita untuk menghubungi nomor sendiri tidak ada ditambah dengan adanya fasilitas phonebook di handphone yang...

Arti Ciuman Sesuai Zodiak

July 16, 2011
Bagaimana gaya berciuman Anda dan pasangan, cenderung lama atau penuh gairah? Pemilik zodiak Leo, Sagitarius dan Aries memiliki gaya berciuman sedikit lebih agresif. Mereka...

Kenapa Tulisan Resep Dokter Jelek Sekali?

September 12, 2012
Dewiku.Com | Pasti teman-teman semua pada heran, “Kenapa sih tulisan di resep itu jelek abis? Nggak bisa terbaca malahan.” Nah bagi teman-teman yang pengen...